Aplikasi SMS Gateway Akademik Sekolah dengan JSP – MySQL- Gammu

By | Mei 27, 2018

Untuk keperluan penunjang akademik pada instansi sekolah diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat membantu proses akademik tersebut, salah satu nya yaitu tentang absensi dan penilaian dimana untuk presensi/absensi akan terdapat report ke orang tua masing – masing melalui pemberitahuan sistem SMS. dan juga siswa dapat mengetahui nilai per mata pelajaran dengan mengirim SMS format tertentu, maka sistem akan membalas dengan hasil dari data penilaian yang telah di inputkan.

berikut ini adalah contoh aplikasi yang sempat saya buat sebuah aplikasi akademik SMS Gateway untuk meng cover presensi/absensi dan penilaian berbasis JSP (Java Server Pages) Programming, yaitu : smsakademik v1.0 yang memang baru saya kembangkan.

diatas adalah tampilan halaman login. dan berikut adalah tampilan halaman utama nya :

kebetulan untuk versi yang pertama ini beberapa code nya dalam JSP saya generate menggunakan software JSPMaker buatan e-world technology limited. untuk web server yang digunakan adalah apache tomcat minimal yang versi 6.0 untuk database menggunakan MySQL atau bisa mariaDb. sementara untuk engine SMS Gateway nya menggunakan library dari Gammu. jika ingin mencoba aplikasi ini silahkan mendownload “smsakdemik v1.0” dengan link berikut :

Download Aplikasi SmsAkademik v1.0

Extract file nya smsakademik v1.0 lalu ikuti petunjuk pada file “BACA SAYA DULU/PETUNJUK PENGGUNAAN.doc” yang disertakan.

selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *